by: Ira Oktarina
ABSTRAK
Proses
pembelajaran pada saat ini sangat dituntut agar mampu memberikan pengalaman
belajar secara langsung pada siswa dan juga dapat menerapkan pembentukan pola
pikir yang cermat dan terampil. Oleh karena itu, guru dalam mengajar matematika
perlu memilih model pembelajaran yang tepat sehingga diharapkan dapat
meningkatkan prestasi belajar siswa. salah satu model pembelajaran yang
mendukung terciptanya siswa belajar yang dinamis, tidak menjenuhkan dan mampu mamacu
kreativitas dan interaksi siswa dengan guru.adalah model pembelajaran think
pair share dengan media gambar yang merupakan implikasi dalam pembelajaran
matematika.
Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) apakah prestasi belajar siswa kelas
VIII SMP Negeri 9 Batang pada materi prisma dan limas dengan model pembelajaran
think pair share dengan media gambar mencapai ketuntasan belajar. 2)
apakah rata-rata prestasi belajar siswa pada materi prisma dan limas yang
menggunakan model pembelajaran think pair share dengan media gambar
lebih baik daripada rata-rata prestasi belajar siswa yang menggunakan model
pembelajaran ekspositori . Dengan populasi siswa kelas VIII sebanyak 152 siswa yang terdiri atas empat kelas. Pengambilan
sampel dilakukan secara simple random sampling, terpilih kelas VIII A
sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran think pair share
dengan media gambar dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol dengan menggunakan
model pembelajaran ekspositori.
Hasil
penelitian menunjukan bahwa,1) dari hasil uji proporsi satu pihak dengan ketuntasan
klasikal pada kelas eksprimen diperoleh
= 2,61 lebih
besar dari
= 1,64
maka H0 ditolak, artinya proporsi belajar siswa pada kelas eksperimen mencapai
ketuntasan belajar lebih dari 75%, 2) rata-rata prestasi
belajar siswa kelas eksperimen sebesar 83,70 lebih baik dari rata-rata prestasi
belajar kelas kontrol sebesar 77,03. Berdasarkan keberhasilan kedua hasil
penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran think pair
share dengan media gambar dapat meningkatkan prestasi belajar
matematika. Maka disarankan
hendaknya guru dapat menerapkan model
pembelajaran think pair share yang sesuai dengan materi prisma dan
limas, guru dapat menggunakan media gambar sebagai media
pembelajaran yang dapat yang membangkitkan minat belajar siswa dalam
pembelajaran, selain itu media gambar juga memudahkan siswa dalam memahami
konsep materi yang sedang dipelajari. Sehingga dapat meningkatkan prestasi
belajar siswa khususnya pada mata pelajaran matematika.Kata Kunci : Efektivitas, Model Pembelajaran Think Pair Share, Media Gambar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar