Sabtu, 28 Desember 2013

Penerapan Pendekatan Open-Ended Berbantuan Media Visual Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Teknik SMK Negeri 1 Batang


By : Fadlilah
 
Pembelajaran yang baik menuntut guru mencari dan menemukan suatu cara mengajar yang dapat menumbuhkan kreativitas siswa dan berfikir matematika. Pendekatan pembelajaran Open-Ended berbantuan media visual dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk lebih kreatif dalam pemecahan masalah matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) apakah pendekatan Open-Ended berbantuan media visual dapat mencapai ketuntasan belajar siswa. 2) apakah rata-rata prestasi belajar siswa yang diajar dengan pendekatan Open-Ended berbantuan media visual lebih baik daripada siswa yang diajar dengan pendekatan konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik SMK Negeri 1 Batang yang terdiri dari 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan undian. Hasilnya terpilih kelas X TKJ sebagai kelas eksperimen  yang dikenai pendekatan Open-Ended berbantuan media visual dan kelas X MM sebagai kelas kontrol yang dikenai pendekatan konvensional. Variabel penelitian terdiri dari pendekatan pembelajaran Open-Ended berbantuan media visual dan Prestasi Belajar Matematika. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi dan tes. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji satu pihak.
Hasil uji ketuntasan prestasi belajar dengan uji proporsi diperoleh nilai siswa dengan nilai prestasi belajar  70 yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan Open-Ended berbantuan media visual lebih dari 74,5%. Dengan kata lain pembelajaran dengan pendekatan Open-Ended berbantuan media visual dapat meningkatkan prestasi belajar matematika. Pada perhitungan uji beda rata-rata menggunakan uji satu pihak diperoleh thitung = 4,42 dan ttabel = 2,00. Jelas bahwa thitung > ttabel, maka Ho ditolak yang berarti ada perbedaan rata-rata prestasi belajar yakni rata-rata prestasi belajar kelas eksperimen yang diajar dengan pendekatan Open-Ended berbantuan media visual lebih baik dari rata-rata prestasi belajar kelas kontrol yang diajar dengan pendekatan konvensional.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan Open-Ended berbantuan media visual dapat meningkatkan prestasi belajar matematika dan mencapai ketuntasan belajar. Maka disarankan hendaknya guru dalam mengajar untuk menerapkan pendekatan Open-Ended berbantuan media visual agar tercipta suasana belajar yang menjadikan siswa lebih kreatif sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. 
Kata kunci: Pendekatan Open-Ended, Media Visual, Prestasi Belajar Siswa 

Tidak ada komentar: