By : Fadlilah
Pembelajaran yang baik menuntut guru mencari
dan menemukan suatu cara mengajar yang dapat menumbuhkan kreativitas siswa dan
berfikir matematika. Pendekatan pembelajaran Open-Ended berbantuan media visual dapat memberikan kesempatan
kepada siswa untuk lebih kreatif dalam pemecahan masalah matematika. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui 1) apakah pendekatan Open-Ended berbantuan media visual dapat mencapai ketuntasan
belajar siswa. 2) apakah rata-rata prestasi belajar siswa yang diajar dengan pendekatan
Open-Ended berbantuan media visual
lebih baik daripada siswa yang diajar dengan pendekatan konvensional. Populasi
dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik
SMK Negeri 1 Batang yang terdiri dari 2 kelas. Pengambilan
sampel dilakukan dengan undian.
Hasilnya terpilih kelas X TKJ sebagai kelas eksperimen yang dikenai pendekatan Open-Ended berbantuan media visual dan
kelas X MM sebagai kelas kontrol yang dikenai pendekatan konvensional. Variabel penelitian terdiri dari pendekatan
pembelajaran Open-Ended berbantuan
media visual dan Prestasi Belajar Matematika.
Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi dan tes. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji satu
pihak.
Hasil uji ketuntasan prestasi belajar dengan uji
proporsi diperoleh nilai siswa dengan nilai prestasi belajar 70 yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan
Open-Ended berbantuan media visual
lebih dari 74,5%. Dengan kata lain pembelajaran dengan pendekatan Open-Ended berbantuan media visual dapat
meningkatkan prestasi belajar matematika. Pada perhitungan uji beda rata-rata menggunakan uji satu pihak diperoleh thitung = 4,42 dan ttabel = 2,00. Jelas bahwa thitung > ttabel, maka Ho ditolak yang berarti ada perbedaan rata-rata prestasi belajar yakni rata-rata
prestasi belajar kelas eksperimen yang
diajar dengan pendekatan Open-Ended
berbantuan media visual lebih baik dari rata-rata prestasi belajar kelas
kontrol yang diajar dengan pendekatan konvensional.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan
bahwa pembelajaran dengan pendekatan Open-Ended
berbantuan media visual dapat meningkatkan prestasi
belajar matematika dan mencapai ketuntasan belajar. Maka disarankan hendaknya
guru dalam mengajar untuk menerapkan pendekatan Open-Ended berbantuan media visual agar
tercipta suasana belajar yang menjadikan siswa lebih kreatif sehingga tujuan
pembelajaran dapat tercapai.
Kata kunci: Pendekatan Open-Ended, Media
Visual, Prestasi Belajar Siswa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar