Oleh :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui dan mendeskripsikan serta mengevaluasi: 1) Implementasi Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Sekolah Menengah Pertama (SMP/MTs) di Kota
Pekalongan ditinjau dari komponen konteks, input, proses dan product; 2) Kendala
yang dihadapi oleh sekolah dalam mengimplementasikan Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan (KTSP) Sekolah Menengah Pertama (SMP/MTs) di Kota Pekalongan.
Dari 35 SMP/MTs yang ada di Kota
pekalongan diambil 10 (sepuluh) sekolah sebagai sampel dalam penelitian ini dengan teknik multistage sampling. Teknik
analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif untuk data primer
(kuantitatif) dan kualitatif untuk data sekunder.
Penelitian ini menunjukkan bahwa:
1) Keterlaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada Sekolah
Menengah Pertama (SMP/MTs) di Kota Pekalongan ditinjau dari 8 standar nasional
pendidikan termasuk ke dalam kategori “baik”, dengan rerata skor pelaksanaan
sebesar 1.070; 2) Dampak penerapan KTSP terhadap Mutu
Pendidikan SMP/MTs di Kota Pekalongan ditinjau dari hasil Ujian Nasional dan
Ujian Akhir Sekolah belum bisa disimpulkan karena sebagian besar sekolah masih mengadopsi KTSP yang
dikeluarkan oleh BSNP; 3) Kendala yang dihadapi oleh
sekolah dalam mengimplementasikan KTSP di SMP-MTs
Kota
Pekalongan adalah : (1) sekolah-sekolah belum mampu secara optimal melakukan
analisis konteks, analisis peluang dan tantangan, (2) kemandirian kemandirian
sekolah masih rendah, (3) belum mampu melakukan evaluasi diri berdasarkan
kondisi sekolah yang ada, (4) sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan KTSP
masih kurang memadai terutama di sekolah swasta, (5) banyak guru tidak tetap
yang mengajar di beberapa sekolah sehingga tidak fokus terhadap pengembangan
sekolah, (6) kemampuan guru dalam menyusun dan mengembangkan instrumen penilaian
masih kurang.
Kata Kunci : KurikulumTingkat Satuan
Pendidikan (KTSP), SMP/MTs, Kota Pekalongan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar