Sabtu, 19 Mei 2012

Pengaruh Metode Mengajar terhadap Prestasi Belajar Statistika Matematika 1 Dengan Mengontrol Motivasi Belajar

Oleh Muhammad Ali Gunawan

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Perbedaan prestasi belajar (Y) antara mahasiswa yang diajar dengan metode inkuiri (A1) dengan metode penugasan (A2) dan metode ceramah bermedia (A3) pada mata kuliah statistik matematika I program studi pendidikan matematika FKIP Universitas Pekalongan, Setelah dikendalikan oleh variabel motivasi (X). Penelitian dilakukan terhadap seluruh mahasiswa semester IV yang berjumlah 114 orang (30 orang kelas IVA, 36 orang kelas IVB dan 48 orang). Analisis Data penelitian menggunakan analisis kovarian (anakova 1 jalur).

Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Setelah dikendalikan oleh variabel motivasi (X), terdapat perbedaan prestasi belajar  (Y) antara mahasiswa yang diajar dengan metode Inquiry (A1) dengan metode penugasan (A2) dan metode ceramah bermedia (A3). Dimana hasil analisis kovariannya menunjukkan nilai signifikansi 0,000 lebih kecil daripada nilai α = 0,05 yang telah ditetapkan; 2) Setelah dikendalikan oleh variabel motivasi (X), prestasi belajar mahasiswa (Y) yang diajar dengan metode inkuiri (A1) sebesar 77.69 lebih baik daripada mahasiswa yang diajar dengan metode penugasan (A2) dengan skor rata-rata sebesar 62,29; 3) Setelah dikendalikan oleh variabel motivasi (X), prestasi belajar mahasiswa (Y) yang diajar dengan metode inkuiri (A1) yaitu skor rata-rata perolehan sebesar 77,69 lebih baik daripada mahasiswa yang diajar dengan metode ceramah bermedia (A3) dengan skor rata-rata prestasi belajar sebesar 67,95; 4) Setelah dikendalikan oleh variabel motivasi (X), prestasi belajar mahasiswa (Y) yang diajar dengan metode ceramah bermedia (A3) dengan skor rata-rata prestasi belajar sebesar 67,95 lebih baik daripada mahasiswa yang diajar dengan metode penugasan (A2) dengan skor rata-rata prestasi belajar sebesar 62,29.
Kata Kunci : Metode Mengajar, Prestasi Belajar, Motivasi Belajar

Tidak ada komentar: