Oleh Muhammad Ali Gunawan
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui: Perbedaan prestasi belajar (Y) antara mahasiswa yang diajar
dengan metode inkuiri (A1) dengan metode penugasan (A2) dan metode ceramah
bermedia (A3) pada mata kuliah statistik matematika I program studi pendidikan
matematika FKIP Universitas Pekalongan, Setelah dikendalikan oleh variabel
motivasi (X). Penelitian dilakukan terhadap seluruh mahasiswa semester IV yang berjumlah
114 orang (30 orang kelas IVA, 36 orang kelas IVB dan 48 orang). Analisis Data
penelitian menggunakan analisis kovarian (anakova 1 jalur).
Hasil Penelitian
ini menunjukkan bahwa: 1) Setelah dikendalikan oleh variabel motivasi (X),
terdapat perbedaan prestasi belajar (Y)
antara mahasiswa yang diajar dengan metode Inquiry (A1) dengan metode penugasan
(A2) dan metode ceramah bermedia (A3). Dimana hasil analisis kovariannya
menunjukkan nilai signifikansi 0,000 lebih kecil daripada nilai α = 0,05 yang
telah ditetapkan; 2) Setelah dikendalikan oleh variabel motivasi (X), prestasi
belajar mahasiswa (Y) yang diajar dengan metode inkuiri (A1) sebesar 77.69
lebih baik daripada mahasiswa yang diajar dengan metode penugasan (A2) dengan
skor rata-rata sebesar 62,29; 3) Setelah dikendalikan oleh variabel motivasi
(X), prestasi belajar mahasiswa (Y) yang diajar dengan metode inkuiri (A1)
yaitu skor rata-rata perolehan sebesar 77,69 lebih baik daripada mahasiswa yang
diajar dengan metode ceramah bermedia (A3) dengan skor rata-rata prestasi belajar
sebesar 67,95; 4) Setelah dikendalikan oleh variabel motivasi (X), prestasi
belajar mahasiswa (Y) yang diajar dengan metode ceramah bermedia (A3) dengan
skor rata-rata prestasi belajar sebesar 67,95 lebih baik daripada mahasiswa
yang diajar dengan metode penugasan (A2) dengan skor rata-rata prestasi belajar
sebesar 62,29.
Kata
Kunci : Metode Mengajar, Prestasi Belajar, Motivasi Belajar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar