Minggu, 20 September 2020

Teknologi Pendidikan atau Pendidikan Teknologi

 Hampir di semua aspek kehidupan kita sekarang ini tidak lepas dari teknologi, teknologi sebagai media dan teknologi sebagai objek kajian atau pembelajaran. Dari zaman pra sejarah hingga era digital atau era revolusi industri 4.0 sekarang ini, ilmu pengetahuan telah menunjukkan kepiawaianya dalam berkontribusi memberikan yang terbaik agar manusia bisa hidup dan belajar dengan nyaman (bukan instan lo yaaa).

Teknologi yang zaman dulu difalsifikasi oleh teknologi yang datang kemudian, begitu seterus sampai kepada masa atau zaman sekarang ini dan zaman yang akan datang. Apa yang baru hari ini akan menjadi usang setahun atau bahkan besok lusa.

 

Begitulah Tuhan menghadirkan dan menunjukkan kuasaNya kepada mahluk yang bernama manusia. Dibuatnya manusia hidup dalam tahapan-tahapan yang teratur, terstruktur dan sangat sistematis. Penemuan dan kehebatan teknologi hari ini tidak bisa disombongkan seakan "tidak ada langit di atas langit", sebab kebaruan (novelty) itupun akan menjadi usang alias jadul pada masanya.

Tidak ada komentar: