Selasa, 13 Oktober 2009

MEMBUAT DAFTAR ISI AUTOMATIS

Yang punya ilmu komputer berlebihan, mungkin akan tertawa dengan konten yang saya tawarkan kali ini, tapi yang jelas bukan untuk mereka tulisan ini ditujukan. Saya hanya sedikit perihatin dengan kawan-kawan mahasiswa yang begitu capek membolak balik halaman skripsi atau tesis-nya mencari nomor halaman tentang topik/sub judul yang akan ditampilkan dalam daftar isi sksirpsi atau tesis tersebut. Apalagi kalau skripsi atau tesis yang dibuat tebalnya tidak main (200 keatas) bisa anda bayangkan bagaimana pekerjaan itu begitu menyita waktu.
Komputer dengan software yang kita miliki sebenarnya bertujuan untuk membantu pekerjaan kita menjadi lebih mudah, namun karena kurang teliti atau karena kurang perhatian untuk mau belajar menyebabkan kita menjadi budak teknologi.
Baiklah… saudaraku mungkin tidak sabaran. Untuk membuat daftar isi otomatis caranya begini: Pertama : ketik saja dulu semua konten yang anda mau tulis, sebaiknya pengaturan halaman (merapikan dan segala macamnya) dilakukan setelah semuanya tertulis. Kedua: Setelah selesai menulis konten tersebut, sekarang beralihlah ke judul, misalnya judul pertama: BAB I PENDAHULUAN, blok ‘BAB I PENDAHULUAN’ dan pilih menu style ‘Heading I’, untuk sub judul seperti A. Latar Belakang, B. Rumusan Masalah, C. Tujuan Penelitian dan Seterusnya pilih ‘Heading 2’ begitu juga dengan anak dari sub judul pilih ‘Heading 3’.
Langkah ketiga: masuklah ke halaman terakhir dari skripsi atau tesis anda (setelah daftar pustaka) Ketik dulu Daftar Isi, Kata pengantar dan sebagainya yang tidak masuk ke dalam halaman inti tulisan. Dan letakkan kursos di bawahnya. Lalu pilih
INSET Reference Index and Table. Sehingga muncul kotak dialog Index and Table. Pilih Table of Contents lalu tekan OK.

Contoh Aplikasi
Langkah 1

BAB I PENDAHULUAN
LATAR BELAKANG
RUMUSAN MASALAH
TUJUAN PENELITIAN
MANFAAT PENELITIAN
D.1 MANFAAT TEORETIS
D.2 MANFAAT PRAKTIS

BAB II LANDASAN TEORI

TEORI AAAA
KONSEP BDAADA
PENELITIAN YANG RELEVAN

Langkah kedua
Pilih Menu Insert toolbar, lalu klik Reference dan pilih Index anda Table


Mucul kotak seperti ini (pilih table of content) lalu OK



Selamat Mencoba… mudah-mudahan bermanfaat….

Tidak ada komentar: