Senin, 05 Oktober 2020

Tips dan Trik Tercepat Membuat Proposal Penelitian

 

Sobat forum, gimana kabar kalian? Tentunya sehat-sehat aja bukan? Nah, kali ini kami akan membagikan sedikit pengalaman , boleh dibilang rahasia bagi mahasiswa semester akhir (yang sedang menyusun skripsi dan tesis), peneliti pemula, serta siapa saja yang baru memulai berkecimpung di dunia penelitian.

Menentukan judul penelitian, menyusun proposal lengkap dengan baretnya dalam waktu hanya beberapa hari (3-7 hari), bisa jadi hanya semalam (tergantung motivasi, tingkat kreatifitas dan ketersediaan perangkat yang dibutuhkan).  Ups…! Ini bukan sulap bukan sihir ya gaes.

gb. skripsimahasiswa.blogspot.com

Baiklah kita langsung mulai aja, alat dan bahan yang dibutuhkan cuma laptop/computer (PC) atau bisa juga android/tab dan jaringan internet tentunya.

Tips
1. Sediakan daftar/List judul penelitian yang sudah (pernah) dilakukan orang lain, kalau ada laporan penelitian lengkapnya akan sangat membantu. Biasanya tersedia di perpustakaan kampus

2. Pastikan judul/topic/tema penelitian pada point 1 sesuai dengan bidang keahlian (program studi/jurusan) anda.

3. Biasanya kampus mensyaratkan minimal 2-3 judul dalam pengajuan proposal skripsi/tesis (dijamin dengan cara ini semuanya masuk deh, tinggal sobat pilih sendiri aja mana yang paling menarik buat sobat dan manfaat buat orang lain).

4. Sediakan buku-buku penunjang (referensi), bisa sobat download di halaman Library yang disediakan di blog ini (gratis).

Trik Jitu

1.    Dari sekian banyak judul penelitian yang sobat list/daftar (pakai MS-Word), anggap saja sobat bisa ngelist cuma 5 atau 10 judul penelitian (skripsi/tesis).

Contoh:

Judul 1

Efektifitas Pembelajaran Group Investigation (GI) Berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Judul 2

Keefektifan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika

Judul 3

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team-Game-Tournament (TGT) Terhadap Pemahaman Konsep Materi Program Linear.

Judul 4

Penerapan Pembelajaran Index Card Match Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Trigonometri

Judul 5

Perbedaan Prestasi Belajar Matematika Pada Materi Kalkulus Ditinjau dari Model dan Metode Pembalajaran. 


2.      Udah lah gak usah banyak-banyak ngelistnya, kita patok saja 5 judul ya gaes. Nah di dalam judul itu kan pastinya terdapat variable penelitian (bagian judul yang ditebalkan pada poin 1 adalah variable penelitian). Biasanya minimal dalam satu penelitian (skripsi) terdapat 2 sampai 3 variabel.

3.      Kita mulai mainkan triknya ya gaes, kita gunakan triks sederhana matematika yaitu triks kombinatorik (kombinasi). Kita berharap mendapatkan 4 variabel yang berbeda (2 variabel bebas dan 2 variabel terikat) yang membentuk judul baru untuk penelitian kita dari 5 judul (lihat poin 1) yang ada dalam list. Ingat rumus kombinasi kan? Berapa judul yang tersedia?

 

Wooow…! 20 judul baru atau lebih tersedia (dengan catatan variable yang sebaris tidak boleh berpasangan)

Varibel Bebas (X)

Varibel Terikat (Y)

Pembelajaran Group Investigation (GI)

Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL)

Kemampuan Penalaran Matematika

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team-Game-Tournament (TGT)

Pemahaman Konsep Materi Program Linear

Pembelajaran Index Card Match

Kemampuan Berpikir Kritis

Model dan Metode Pembalajaran.

Prestasi Belajar Matematika

 

Dari tabel di atas, sobat bisa kombinasikan sendiri, judul baru itu misalnya

  • Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan  Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika
  • Efektifitas Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika.
  • Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Penalaran Matematika Dengan Mengontrol Motivasi Belajar

4.    Setelah Judul ditemukan dan ditetapkan sebagai judul proposal (skripsi), sobat tinggal lihat literature (buku/jurnal) yang dirujuk oleh peneliti sebelumnya, copas aja dulu gak apa-apa, ntar dimodifikasi atau dielaborasikan dengan buku/artikel yang sobat punya.

5.    Baca dan lakukan pengeditan sampai benar-benar fix. Gampang kan?

6.   Tidak ada saran yang lebih bagus dan lebih baik dari membaca, baca dan bacalah. Lalu tuliskan ringkasan hasil membaca di file/folder tertentu. Selamat mencoba  

 

 

 

Tidak ada komentar: