Kamis, 22 Oktober 2020

Analisis Faktor dengan R

Penggunaan aplikasi/program berlisensi (berbayar) untuk analisis data statistik seperti SPSS, Bilog-MG, Liserel, Parscale dan lainnya sangat rentan dengan masalah hak cipta (copy right), lebih-lebih banyaknya aplikasi bajakan yang beredar. Bagi sebagian orang mungkin hal semacam ini tidaklah persoalan, tapi bisa menjadi masalah besar dikemudian hari ketika ketahuan bahwa aplikasi yang kita gunakan itu palsu atau bajakan (pelanggaran UU hak cipta). 

Oleh karena itu, saya lebih menyarankan penggunaan aplikasi yang sifatnya open source (gratisan) seperti aplikasi R untuk menganalisis data statistik. Hanya saja, perlu memahami perintah atau transkrip yang digunakan (namanya aja gratisan_perlu kerja ekstra).

Baiklah sobat, kali ini kita belajar tentang Analisis Faktor. Analisis Faktor adalah analisis data statistik yang digunakan untuk mendeskripsikan pola data, sehingga kita bisa mengetahui apakah variabel yang diteliti memang berasal dari satu atau lebih faktor sesuai dengan teori yang kita gunakan atau yang telah didefinisikan secara operasional pada variabel yang kita teliti. 

Analisis Faktor memuat Principle Component Analysis (PCA) yang terdiri dari Exploratory Factor Analysis (EFA) dan Confirmatory Factor Analysis (CFA)


EFA biasanya dilakukan pada langkah awal, yaitu untuk mengetahui item pertanyaan mana yang mestinya masuk di komponen yang mana (dieksplorasi), setelah itu baru analisis dilanjutkan dengan CFA untuk mengkonfirmasikan (membuktikan) apakah item dan variabel tertentu memang sesuai dengan model yang telah dibuat berdasarkan teori/penelitian sebelumnya.  

  

Tidak ada komentar: