Senin, 05 Oktober 2020

Pendekatan Kuantitatif ataukah Kualitatif?

Udah belajar trik menemukan dan menentukan tema/topik judul penelitian, masih bingung dengan pendekatan yang akan digunakan untuk melakukan/menganalisis data penelitian? Semoga video ini bisa mengenalkan kita lebih dekat dengan jenis penelitian dan pendekatan yang tersedia. 


Banyak teman guru yang bertanya, kapan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif? Pertanyaan ini banyak sekali dilontarkan pada fase pra penelitian. Sebenarnya pertanyaan ini tidak perlu muncul, jika guru secara sadar memposisikan diri mereka sebagai peneliti, bukan semata-mata sebagai mesin transfer ilmu pengetahuan seperti ATM atau institusi jasa pengiriman uang dan barang manual lainnya. 

Sebagaimana dikatakan pada postingan sebelumnya, bahwa paradigm itu adalah dasar/fondasi yang mengantarkan peneliti kepada bagaimana dia melihat suatu persoalan dari ranah ilmu pengetahuan yang dimiliki, sehingga dia juga akan mampu memilih dengan cara bagaimana ia akan menyelesaikan permasalahan yang dihadapi. Kuantitatif atau kualitatif, statistic atau naratif adalah pendekatan dan pisau analisis bukan sesuatu yang substantive dalam program peningkatan kualitas/mutu pembelajaran di kelas. Meskipun gergaji dan kapak adalah alat pemotong kayu yang bagus, akan tetapi akan sangat tidak elok jika gergaji dan kapak digunakan untuk memotong kue tar atau memotong kain batik.


Tidak ada komentar: