Senin, 21 September 2009

KONTRIBUSI GAYA KEPEMIMPINAN DAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SMA NEGERI UNGGULAN DI KOTA DENPASAR

Oleh
Ketut Loper Winartha

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya kontribusi gaya kepemimpinan dan supervise kepala sekolah terhadap kinerja guru SMA Negeri Unggulan di Kota Denpasar, baik secara simultan maupun terpisah. Populasi penelitian ini mencakup seluruh guru SMA Negeri Unggulan di Kota Denpasar, yang berjumlah 210 orang. Sample penelitian ini berjumlah 131 orang yang direkrut menggunakan teknik random proporsional sampling. Penelitian ini menggunakan rancangan ex-post facto. Data dikumpulkan menggunakan angket dengan model pengukuran menggunakan skala Likert. Data dianalisis secara inferensial menggunakan model analisis regresi ganda.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) gaya kepemimpinan dan supervisi kepala sekolah berkontribusi secara signifikan terhadap kinerja guru-guru SMA Negeri Unggulan di Kota Denpasar; 2) gaya kepemimpinan berkontribusi sebesar 30,6% terhadap kinerja guru-guru SMA Negeri Unggulan di Kota Denpasar, dan 3) supervisi kepala sekolah berkontribusi sebesar 56% terhadap kinerja guru-guru SMA Negeri Unggulan di Kota Denpasar.
Hasil penelitian ini memberi arahan agar kepala sekolah lebih memvariasikan gaya kepemimpinan dan supervisi terhadap perilaku guru-guru. Disamping itu, perlu dilakukan penelitian lanjut tentang faktor lain selain gaya kepemimpinan dan supervisi kepala sekolah yang berpengaruh positif terhadap kinerja guru-guru.

Kata Kunci: gaya kepemimpinan, supervisi, dan kinerja
Sumber Resmi : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) Vol. 2 No.2 Hal 249-394 Singaraja-Juni 2006. Program Pascasarjana IKIP Negeri Singaraja. ISSN 1858-4543

Tidak ada komentar: