Monday, 21 September 2009

POLA INTERAKSI KELAS (STUDI ETNOGRAFI KUALITAS INTERAKSI PEMBELAJARAN AGAMA HINDU DI SEKOLAH DASAR NO.7 BANJAR JAWA, SINGARAJA

Oleh
I Putu Gede Parmajaya


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pola interaksi dalam pembelajaran agama Hindu di SD No. 7 Banjar Jawa, Singaraja. Penelitian ini dirancang menggunakan model penelitian kualitatif dalam bentuk studi etnografi untuk dapat menunjukkan pola-pola interaksi signifikan yang terjadi di dalam pembelajaran agama Hindu. Fokus pengamatan dilakukan pada interaksi kelas di SD No. 7 Banjar Jawa Singaraja. Data tentang pola interaksi dikumpulkan menggunakan pendekatan observasi partisipan. Sedangkan data tentang persepsi guru, siswa, dan orang tua terhadap kualitas interaksi dikumpulkan menggunakan teknik wawancara mendalam. Triangulasi data dilakukan untuk memperoleh data yang valid dan reliabel. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan interpretatif untuk mendapatkan makna interaksi.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) kualitas interaksi guru-siswa sangat rendah dalam pembelajaran agama Hindu; 2) guru belum menunjukkan kemampuan dalam mendorong pola interaksi dalam pembelajaran yang berkualitas dan kreatif; 3) siswa lebih bersikap patu kepada guru; 4) siswa lebih dominan bersikap pasif dalam pembelajaran; 5) orang tua siswa tidak memiliki perhatian yang cukup tinggi terhadap pembelajaran anak-anak mereka; 6) beberapa faktor diketemukan berkaitan dengan rendahnya kualitas interaksi yaitu: beban administrasi pada guru sangat besar dan beban budaya pada siswa sangat berat.
Hasil penelitian ini mengindikasikan perlunya guru meningkatkan kualitas interaksi dalam pembelajaran agama Hindu di masa datang. Guru disarankan untuk mengurangi beban administrasi maupun budaya, sehingga optimalisasi interaksi dalam pembelajaran agama Hindu dapat dicapai.

Kata Kunci: pola interaksi, etnografi, pembelajaran agama hindu.

No comments: