Senin, 21 September 2009

ANALISIS FAKTOR PENENTU KEMAMPUAN MANAJERIAL ALUMNI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KEPEMIMPINAN (DIKLATPIM) TINGKAT III DAN TINGKAT IV BADAN DIKLAT BALI

Oleh
Anny Pratiwi


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara sikap peserta diklat, kompetensi widyaiswara, dan strategi pembelajaran dengan kemampuan manajerial alumni diklatpim tingkat III dan tingkat IV Badan Diklat Daerah Provinsi Bali, baik secara simultan maupun terpisah serta perbedaan kemampuan manajerial alumni diklat antara yang laki-laki dan perempuan. Populasi dalam penelitian ini adalah semua alumni diklatpim tingkat III dan tingkat IV Badan Diklat Daerah Provinsi Bali tahun 2004 yang berjumlah 160 orang. Sebanyak 133 orang diambil sebagai sampel dengan teknik proportional stratified random sampling. Penelitian ini menggunakan rancangan ek-post facto yang melibatkan tiga variabel bebas yakni sikap peserta terhadap diklat, kompetensi widyaiswara, dan strategi pembelajaran; satu variabel terikat, yakni kemampuan manajerial alumni; serta variabel moderator adalah jenis kelamin. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan model skala Likert. Data dianalisis dengan analisis regresi dan t-tes.
Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan pada (1) sikap peserta terhadap diklat dengan kemampuan manajerial alumni diklat, (2) kompetensi waidyaiswara dengan kemampuan manajerial alumni diklat, (3) strategi pembelajaran dengan kemampuan manajerial alumni diklat, (4) sikap peserta terhadap diklat, kompetensi widyaiswara, dan strategi pembelajaran secara bersama-sama dengan kemampuan manajerial alumni diklatpim tingkat III dan tingkat IV Badan Diklat Daerah Provinsi Bali, serta (5) tidak terdapat perbedaan kemampuan manajerial antara alumni diklat laki-laki dan perempuan.

Kata Kunci: kemampuan manajerial alumni, sikap peserta terhadap diklat, kompetensi widyaiswara, strategi pembelajaran.

Tidak ada komentar: