Senin, 21 September 2009

PENGARUH METODE PEMECAHAN MASALAH DAN PENGGUNAAN JOB SHEET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK DITINJAU DARI LOCUS OF CONTROL DAN BAKAT BERPIKIR MEKANIK

PENGARUH METODE PEMECAHAN MASALAH DAN PENGGUNAAN JOB SHEET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK DITINJAU DARI LOCUS OF CONTROL DAN BAKAT BERPIKIR MEKANIK SISWA
Oleh
I Made Nuryata



ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran pemecahan masalah dan job sheet terhadap hasil belajar Perbaikan Sistem Kelistrikan Otomotif ditinjau dari locus of control dengan mengendalikan bakat berpikir mekanik internal dan eksternal siswa. Desain penelitian menggunakan rancangan eksperimen kuasi. Populasi penelitian meliputi seluruh siswa kelas II SMK Negeri Kelompok Teknologi dan Industri Program Studi Teknik Mekanik Otomotif di Propinsi Bali tahun ajaran 2004/2005.
Sampel diambil menggunakan teknik multistage random sampling. Jumlah sampel penelitian adalah 145 orang siswa. Data tentang hasil belajar Perbaikan Sistem Kelistrikan otomotif dikumpulkan melalui tes hasil belajar, sedangkan data tentang locus of control dikumpulkan melalui kuesioner. Data bakat berpikir mekanik siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes bakat berpikir mekanik. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis Varian Dua Jalur da analisis Kovarian Satu Jalur.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) Hasil belajar Perbaikan Sistem Kelistrikan Otomotif kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode pemecahan masalah lebih tinggi daripada yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan job sheet baik pada siswa yang mengikuti orientasi locus of control internal maupun eksternal; 2) Hasil belajar perbaikan sistem kelistrikan otomotif kelompok siswa yang memiliki orientasi locus of control internal lebih tinggi daripada yang memiliki orientasi locus of control eksternal baik pada pembelajaran yang menggunakan metode pemecahan masalah maupun job sheet; 3) Hasil belajar perbaikan sistem kelistrikan otomotif kelompok siswa yang menggunakan metode pembelajaran pemecahan masalah lebih tinggi dari job sheet walau sudah dikontrol dengan bakat berpikir mekanik.
Hasil analisis data di atas menunjukkan bahwa guru dipandang perlu untuk menerapkan metode pemecahan masalah dalam pembelajaran. Guru juga disarankan agar mengarahkan siswa dalam pembelajaran menurut locus of control internal siswa.

Kata kunci: metode pemecahan masalah, job sheet, locus of control, hasil belajar dan bakat berpikir mekanik.

Tidak ada komentar: