Senin, 21 September 2020

Teknologi dan Gerak Laju Perubahan

Saya dan sebagian besar orang (mungkin juga termasuk sobat forum) saat-saat ini masih getol berbicara tentang teknologi dan kemajuan jaman yang terjadi secara eksponensial. Era disrupsi dan distorsi atau biasa dikenal dengan era revolusi industri 4.0 sekarang ini, mau tidak mau, suka atau tidak, kita sebagai manusia haru mampu menerima dan mengendalikannya secara bijak. Sebagaimana dikatakan oleh Leonhard dalam video singkat ini. "Bisnis seperti biasa sudah mati. 

Fiksi ilmiah semakin menjadi fakta sains. Teknologi eksponensial dengan cepat mengubah hidup dan masyarakat kita, setiap hari, di mana pun. Kita akan membutuhkan keterampilan yang berbeda, dan kita perlu menjadi lebih baik dalam mendorong perubahan - atau kita akan didorong olehnya. Yang terpenting, kita harus merangkul teknologi tetapi tidak menjadi seperti itu. Apa pun yang dapat didigitalisasi atau otomatis, akan - dan apa pun yang tidak dapat didigitalisasi atau otomatis akan menjadi sangat berharga. Terakhir, kita harus melampaui teknologi untuk mendefinisikan nilai-nilai kemanusiaan yang nyata dalam ekosistem digital baru ini.

Sobat forum harus membuka diri terhadap perubahan, seraya ikut mengambil andil di dalamnya, jangan sampai teknologi menjadi tuan, cukuplah ia sekadar alat yang membantu kerja manusia. Teruslah berpikir dan berinovasi agar tidak terjadi hegemoni dan kooptasi teknologi.Sekecil apapun itu, tetaplah memiliki ruang untuk dihargai dan menjadi satu segmen komponen perubahan itu sendiri.

Tidak ada komentar: