Oleh
Ni Putu Parmini
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kualitas tes formatif dan sumatif ditinjau dari pendekatan komunikatif dan integratif, serta mengetahui hambatan-hambatan yang dihadapi guru bahasa Indonesia dalam menyusun tes yang baik. Penelitian ini dilakukan pada kelas I SMA Negeri Ubud tahun ajaran 2004/2005. penelitian ini merupakan studi evaluatif yang datanya dikumpulkan melalui studi dokumen dan teknik wawancara. Data tentang kualitas tes dikumpulkan dari dokumen tes buatan guru, sedangkan data tentang hambatan-hambatan yang dihadapi dalam penyusunan tes dikumpulkan lewat teknik wawancara terstruktur. Data yang diperoleh dikaji kebersesuaiannya berdasarkan aspek-aspek kompetensi sesuai dengan dimensi-dimensi pendekatan komunikatif dan integratif. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis secara deskriptif interpretatif.
Hasil analisis data menunjukkan sebagai berikut: 1) tes formatif dan sumatif lebih dominan mengukur kompetensi gramatika; 2) tes formatif sebagian digunakan untuk mengukur kompetensi penggunaan saluran berbahasa lisan; 3) tes sumatif sepenuhnya mengukur kompetensi penggunaan saluran berbahasa secara tertulis; dan 4) kendala yang umumnya dihadapi oleh guru bahasa Indonesia dalam menyusun tes formatif dan sumatif adalah: rendahnya wawasan dan kemampuan dalam menyusun tes yang mencerminkan pendekatan komunikatif dan integratif
Beranjak dari kurangnya wawasan dan kemampuan guru dalam menyusun tes, maka disarankan agar guru-guru mengikuti pelatihan untuk menambah wawasan dan kemampuan dalam menyusun tes formatif dan sumatif yang sesuai dengan pendekatan komunikatif dan integratif.
Kata Kunci: tes formatif dan sumatif, pendekatan komunikatif dan integratif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar