Senin, 21 September 2009

MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP NEGERI 2 SINGARAJA

Oleh
Ketut Arya


ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran, yaitu pembelajaran berbasis portofolio dan pembelajaran langsung terhadap prestasi belajar konsep diri siswa.
Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Singaraja pada siswa kelas VII semester II Tahun Pelajaran 2004/2005. Rancangan penelitian yang digunakan ”The Post-test Only Control-Group Design”, melibatkan 82 siswa kelas VII SMP yang diperoleh dengan teknik simple random sampling. Dengan teknik ini ditetapkan satu kelas sebagai kelas eksperimen yang diberikan pembelajaran berbasis portofolio dan satu kelas sebagai kelas kontrol diberikan pembelajaran langsung. Data mengenai konsep diri siswa dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner konsep diri, dan data mengenai prestasi belajar fisika dikumpulkan dengan menggunakan tes prestasi belajar fisika. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan statistik inferensial mempergunakan analisis multivariat.

Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) terdapat perbedaan yang signifikan pada prestasi belajar fisika antara siswa yang mengikuti pembelajaran berbasis portofolio dan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung. Prestasi belajar siswa yang mengikuti pembelajaran berbasis portofolio lebih tinggi daripada prestasi belajar siswa yang mengikuti pembelajaran langsung. 2) terdapat perbedaan yang signifikan pada konsep diri siswa antara siswa yang mengikuti pembelajaran berbasis portofolio dan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung. Konsep diri siswa yang mengikuti pembelajaran berbasis portofolio lebih tinggi daripada konsep diri siswa yang mengikuti pembelajaran langsung.
Sehubungan dengan temuan penelitian ini, diajukan saran kepada guru-guru fisika agar menggunakan pembelajaran berbasis portofolio sebagai model pembelajaran alternatif untuk meningkatkan prestasi belajar fisika. Disarankan juga kepada guru-guru fisika, agar menumbukembangkan aspek psikologis siswa, seperti konsep diri dalam melaksanakan pembelajaran.

Kata Kunci: model pembelajaran, portofolio, prestasi belajar fisika, konsep diri.

Tidak ada komentar: