Senin, 21 September 2009

STUDI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL PARA KEPALA SEKOLAH PEREMPUAN DAN IMPLEMENTASI DIMENSI SOSIOKULTURAL DALAM HUBUNGANNYA DENGAN MORAL KERJA GURU

Oleh
Ni Putu Winanti


ABSTRAK

Penelitian ini menggunakan rancangan ex post facto. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis (1) hubungan antara kepemimpinan transformasional para kepala sekolah perempuan dan moral kerja guru, (2) hubungan antara implementasi dimensi sosikultural para kepala sekolah perempuan dan moral kerja guru, (3) hubungan secara bersama-sama antara kepemimpinan transformasional para kepala sekolah perempuan dan implementasi dimensi sosiokultural para kepala sekolah perempuan dan moral kerja guru. Populasi penelitian sebanyak 613 orang. Mereka adalah para guru pada sekolah-sekolah yang pemimpinnya seorang perempuan. Besar sampel 283 orang guru yang ditetapkan dengan teknik random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket model skala likert. Untuk mendapatkan instrumen yang valid dan reliabel, maka instrumen penelitian diujicobakan terlebih dahulu. Data dianalisis secara statistik dengan menggunakan model analisis regresi sederhana, regresi ganda, dan korelasi parsial. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif serta signifikan antara kepemimpinan transformasional para kepala sekolah perempuan dan moral kerja guru, ada hubungan yang positif serta signifikan antara implementasi dimensi sosikultural dan moral kerja guru, dan ada hubungan yang positif serta signifikan secara bersama-sama antara kepemimpinan transformasional para kepala sekolah perempuan dan implementasi dimensi sosiokultural dan moral kerja guru pada sekolah dasar di Denpasar Timur.

Kata Kunci: kepemimpinan transformasional, dimensi sosiokultural, dan moral kerja.

Tidak ada komentar: