Senin, 21 September 2009

KEAKURATAN BELAHAN OTAK MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS UNIVERSITAS MATARAM DALAM MENGIDENTIFIKASI TOPIK KELOMPOK KATA BAHASA INGGRIS

By
Arifuddin


ABSTRAK
Secara teori, keterampilan menyimak berkaitan erat dengan keakuratan belahan otak. Belahan otak kiri memiliki spesialisasi dalam melakukan analisis, sedangkan belahan otak kanan berfungsi untuk mengenali objek secara holistik. Penelitian ini berfokus pada masalah yaitu: 1) Apakah ada perbedaan signifikan antara belahan kanan, kiri, kanan-kiri pada mahasiswa dalam mengidentifikasi topik kelompok kata bahasa Inggris yang berasosiasi pendengaran?; 2) Apakah ada perbedaan signifikan antara mahasiswa perempuan dan laki-laki dalam mengidentifikasi topik kelompok kata bahasa Inggris yang berasosiasi pendengaran?; 3) Apakah terjadi interaksi secara signifikan antara keterlibatan belahan otak dengan jenis kelamin dalam mengidentifikasi topik kelompok kata bahasa Inggris yang berasosiasi pendengaran?; 4) Apa alasan mahasiswa lebih memilih menggunakan telinga kiri atau kanan? Enam puluh orang mahasiswa diteliti untuk mengetahui pengaruh belahan otak, dan study ini dirancang secara eksperimental. Data tentang keakuratan dalam mengidentifikasi topik kelompok kata bahasa Inggris yang berasosiasi pendengaran dikumpulkan dengan menggunakan tes. Sedangkan data tentang pilihan mahasiswa dikumpulkan dengan teknik wawancara. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Analisis Varians Dua Jalur, sedangkan pilihan penggunaan telinga kiri atau kanan dianalisis menggunakan analisis Chi-kwadrat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada perbedaan signifikan antara belahan kanan, kiri, kanan-kiri pada mahasiswa dalam mengidentifikasi topik kelompok kata bahasa Inggris yang berasosiasi pendengaran; 2) Ada perbedaan signifikan antara mahasiswa yang perempuan dan laki-laki dalam mengidentifikasi topik kelompok kata bahasa Inggris yang berasosiasi pendengaran; 3) Ada interaksi secara signifikan antara keterlibatan belahan otak dengan jenis kelamin dalam mengidentifikasi topik kelompok kata bahasa Inggris yang berasosiasi pendengaran; 4) Alasan mahasiswa lebih memilih menggunakan telinga kiri adalah: untuk kejelasan suara, konsentrasi, reliabilitas, dan kebiasaan.
Hasil penelitian ini mendorong upaya lanjut agar: 1) dilakukan penelitian lebih lanjut tentang keakuratan identifikasi kelompok kata bahasa Inggris yang berasosiasi pendengaran berbasis pada jenis kelamin; 2) perlu dukungan sosiokultural dalam mengimplementasikan pembelajaran menyimak berbasis spesialisasi belahan otak; dan 3) perlu penyediaan sarana pembelajaran agar terjadi optimalisasi kapasitas linguistik mahasiswa.

Kata Kunci: kekuaratan belahan otak, topik kelompok kata bahasa Inggris berasosiasi pendengaran

Tidak ada komentar: